Thursday, November 09, 2006

Lamang jo Tapai


wah...ini mah bener-bener bahasa padang deh.......orang jakarta bilang lemang dengan tape ketan hitam. atau tape uli deh kalo orang betawi bilang, tapi kalo di sumatra lebaran mereka mengunakan ketupat ketan yg di beri santan......hmmmmm..........nyummy banget.
Bahan:Ketupat yang kecil.
Beras ketan putih
santan kental
garam
daun pandan.

Untuk Tape ketan hitamnya:
ketan hitam
ragi tape

CaraUntuk ketupatnya, beras ketan putih di cuci dan keringkan, lalu diberi santan kental yang sudah beri santan, jadi seperti agak2x basah deh ketannya.

Lalu panci di alasi dengan daun pandan, dan diberi santan encer dan sedikit garam, jangan banyak2x, kalau kita masukan ketupatnya santannya setengah panci deh.

Masak sampai mendidih, setelah mendidih baru di kecilkan apinya, sering diaduk, biar masaknya rata.

Masak sampai matang, kurang lebih 2 jam deh.

Kalau santannya agak mengering berarti matang tuh ketupat,

Untuk buat tape ketan hitamnya:
Masak ketan sampe ketan matan, sedang deh jangan terlalu lembek...biasalah, agak keras dari pada kita masak nasi.Setelah dingin, tarok ditempat yang datar lalu dipipihkan dan di beri ragi tape sampai merata, lalu dibalikan dan juga diberi ragi tape.Masukan ketan yg beragi tadi kedalam termos atau kedalam wadah yang ada tutupnya.Biarkan tape sampai 3 hari.selama meragi, tape jangan dibuka2x, sampai hari H nya.selesai deh.....Tape dimakan dengan ketupat ketan .....hmm....enyaaaaaak.

met mencoba.
Love, Rini

No comments: