Monday, November 13, 2006

Gudeg



Kalo yang ini kok aneh banget ya kalo orang yang berasal dari sumatra kok doyan yang masakan yang sedikit manis........karena aku memang memang suka coba masakan apa aja, ternyata pas dilidahku.
Pertama kali aku makan Gudek di pertemuan darat salamaa.....ternyata semua orang menyukainya termasuk aku yang baru pertama kali mencobanya....langsung cintrong rek......makanya aku coba juga buatnya...........memang pas deh.
Apalagi buatnya dengan panci tekan.....tambah cepat dan praktis dong.
Coba yuk......ayo siapa penggemar gudeg asal dari kota pelajar......
Bahan:3 kaleng nangka muda
1 kaleng rebung
1-2 kaleng santan
½ kg buntut sapi atau paha ayamGula merah.
Aku tambah kecap manis untuk pewarna
Garam secukupnya
2 lembar daun salam aku pake 5 deh
Air asam dari 1 sdm asam jawa
Telur rebus sesuai kebutuhan

Bumbu yang dihaluskan:1½ sdt ketumbar sangrai
Sedikit jintan sangrai
6 siung bawang merah
5 siung bawang putih
6 butir kemiri sangrai

Cara:
Sebaiknya untuk memasak gudeg, gunakan panci bertekanan tinggi (pressure cooker pot).

Masukkan semua bahan dan bumbu menjadi satu, masak dalam pressure cooker kurang lebih 30-45 menit hingga daging dan nangka empuk dan matang.

Setelah itu dapat terus dimasak hingga kering sesuai selera (pressure cooker tidak perlu ditutup). Sajikan gudeg dengan sambal goreng krecek dan sambal agar lebih nikmat.

Bron:Salamaa
Love, Rini

No comments: